Potensi Bisnis Ikan Arwana Super Red

October 30, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Bisnis ikan arwana super red adalah sebuah usaha yang memiliki potensi dan prospek yang sangat baik. Ikan arwana super red adalah jenis ikan hias air tawar yang memiliki tingkat prestisius tinggi dan banyak dicari oleh penggemar ikan hias dari kelompok ekonomi elit. Harga pasaran untuk ikan arwana super red pun terbilang sangat fantastis, bahkan seorang kolektor ikan hias langka tak sungkan mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah demi mendapat seekor ikan arwana super red yang sangat langka serta memiliki kualitas istimewa.

Ikan arwana super red merupakan ikan hias unggulan yang memiliki warna merah pada sirip ikan muda, bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah. Ikan arwana merah dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu Merah Darah(Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas(Golden Red). Keempat varietas ini secara umum diberi julukan ikan arwana super red atau merah grade pertama (First Grade Red), meskipun dalam perkembangannya super red lebih merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.

Banyak yang mengira ikan arwana super red ini berasal dari luar negeri. Padahal ikan arwana super red adalah ikan asli nusantara, habitanya di sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan. Saat ini ikan arwana super red sangat langka. Oleh karenanya, penangkar ikan arwana super red harus mendapatkan izin resmi dari instansi berwenang. Selain itu, ikan arwana super red yang diperjualbelikan dilengkapi oleh chip yang berisi data yang menjamin keaslian dan asal usul ikan.

Ikan arwana super red adalah ikan asli nusantara, habitanya di sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan. Foto: wikipedia.org

Harga Ikan Arwana Super Red Di Pasaran

Ikan arwana super red diperdagangkan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran. Untuk ikan arwana super red kecil dibuka dengan harga Rp3 juta. Ikan arwana super red yang telah mencapai ukuran 20 cm dihargai Rp4 juta, kemudian ikan arwana super red ukuran 35-45 cm dihargai Rp16 juta-Rp25 juta.

Ikan arwana super red ukuran 50-55 cm dilepas di kisaran harga Rp30 juta-Rp50 juta. Sedangkan ikan arwana super red ukuran 60 cm dihargai mulai dari Rp80 juta bahkan harganya akan lebih tinggi jika ikan arwana super red yang ditawarkan memiliki kualitas tinggi.

Harga jual arwana super red jauh lebih tinggi dibanding dengan ikan arwana jenis lain yang hanya berkisar Rp 150.000 sampai Rp 300.000 untuk ikan arwana ukuran kecil. Membeli ikan arwana super red usia anakan juga perlu hati-hati. Banyak juga penjual ikan arwana super red palsu yang sisiknya tak semerah yang diharapkan.

Harga jual arwana super red jauh lebih tinggi dibanding dengan ikan arwana jenis lain. Foto: alammaker.blogspot.com

Gambaran Bisnis Ikan Arwana Super Red

Pedagang yang menekuni bisnis ikan arwana super red di Indonesia belumlah banyak. Banyak yang tak berani masuk ke pasar ikan arwana super red karena konsumennya sangat terbatas di kalangan elit saja. Namun demikian, hal ini merupakan tantangan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan di bisnsi arwana super red.

Bisnis ikan arwana super red ini menjadi menarik karena potensi keuntungannya yang sangat tinggi disbanding jenis arwana lainnya. Padahal, biaya pemeliharaan ikan arwana super red relatif sama dengan jenis lainnya seperti golden red, arwana green, banjar red, dan irian Arwana.

Bisnis ikan arwana super red memang membidik segmen khusus. Biasanya konsumennya juga sangat fanatik dan loyal terhadap satu pedagang yang sudah dikenal. Oleh karenanya, kunci dalam mendapat pelanggan dalam bisnis ikan arwana super red adalah pedagang haruslah memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai ikan arwana super red.
Pembeli ikan arwana super red tak hanya ingin bertansaksi satu kali, jika mereka telah mengenal dan menyukai seorang penjual maka akan sangat sulit untuk berpaling.

Banyak yang tak berani masuk ke pasar ikan arwana super red karena konsumennya sangat terbatas di kalangan elit saja. Namun demikian, hal ini merupakan tantangan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan di bisnsi arwana super red. Foto: Banyak yang tak berani masuk ke pasar ikan arwana super red karena konsumennya sangat terbatas di kalangan elit saja. Namun demikian, hal ini merupakan tantangan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan di bisnsi arwana super red.

Pembeli ikan arwana super red juga akan membeli berbagai kebutuhan lainnya, mulai dari pakan, perlengkapan akuarium, dan lain sebagainya. Ketika seorang pembeli ikan arwana super red puas atas pelayanan yang diberikan dipastikan ia akan merekomendasikan penjual favoritnya pada koleganya sesama pencinta ikan arwana super red (dari berbagai sumber).