Memilih Kandang Budidaya Puyuh Yang Efektif dan Efisien

May 19, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Kandang budidaya puyuh sebaiknya dibangun jauh dari cukup jauh dari pusat pemukiman penduduk dan jauh dari keramaian. Namun demikian, lokasi kandang budidaya puyuh cukup mudah diakses dengan kendaraan bermotor sehingga dapat menunjang kelancaran distribusi pakan, vitamin, obat-obatan, perlengkepan dan peralatan, serta pemasaran burung puyuh itu sendiri.

Selanjutnya, kandang budidaya puyuh sebaiknya bebas dari wabah penyakit, serta bukan daerah langganan banjir dan bencana lainnya. Kandang budidaya puyuh yang baik juga memiliki tata kelola drainase, sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup dengan temperatur udara sekitar 20 hingga 25 derajat celcius dengan kelembaban 30 hingga 80 persen.

Pengelompokan Kandang Budidaya Puyuh

Kepadatan kandang budidaya puyuh ditentukan oleh usia dan ukuran tubuh ternak puyuh itu sendiri. Kepadatan kandang budidaya puyuh bagi anak puyuh usia 0 hingga 10 hari adalah antara 90 hingga 100 ekor per satu meter persegi, Sementara ternak puyuh yang berusia lebih dari 10 hari hingga remaja ditempatkan di kandang dengan kepadatan 60 ekor per meter persegi. Selanjutnya, kandang budidaya puyuh yang telah dewasa dan bertelur memiliki kepadatan hingga 40 ekor puyuh per satu meter persegi.

Kepadatan kandang budidaya puyuh ditentukan oleh usia dan ukuran tubuh ternak puyuh itu sendiri. Foto: www.teropongbisnis.com

Kandang budidaya puyuh dapat pula dikelompokkan berdasarkan kelompok ternak puyuh yang dibagi berdasar usia dan tujuan pemeliharaannya. Adapun kandang yang digunakan dalam budidaya puyuh, yakni kandang untuk perkembangbiankan, kandang untuk puyuh petelur, kandang untuk anakan puyuh atau starter.

Pertimbangan Memilih Jenis Kandang Budidaya Puyuh

Kandang budidaya puyuh yang biasa digunakan oleh peternak adalah kandang tipe baterai dan kandang tipe litter. Kandang baterai adalah kandang budidaya puyuh yang berbentuk panggung dimana lantainya menggunakan anyaman kawat ram, papan, atau bilah bambu yang disusun dengan jarak sekitar 0,5 cm sehingga burung puyuh tetap aman dan kakinya tak terperosok ke celah kandang.

Lantai kandang budidaya puyuh jenis baterai ini dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah agar kotoran burung puyuh dapat langsung jatuh ke tanah melalui celah-celah kandang sehingga memudahkan kegiatan pembersihan kandang yang merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran penyakit.

Sedangkan kandang litter adalah kandang budidaya puyuh yang memiliki litter atau alas lantai yang memiliki kemampuan menyerap air dan bersifat empuk. Litter dapat dibuat dari sebuk kayu, sekam padi, jerami, dan lain-lain.

Kandang budidaya puyuh model litter ini merupakan pilihan yang sangat tepat jika budidaya puyuh dilaksanakan di daerah yang aman dari banjir. Foto: kemitraanpuyuh.wordpress.com

Kebersihan kandang budidaya puyuh jenis baterai relatif juga lebih terjaga dan pemanenan lebih mudah karena telur puyuh mudah terlihat. Foto: raisingwildquail.com

Pilihan kandang budidaya puyuh jenis litter lebih efisen dan sangat menghemat biaya. Kandang budidaya puyuh model litter ini merupakan pilihan yang sangat tepat jika budidaya puyuh dilaksanakan di daerah yang aman dari banjir. Keunggulan lain dari kandang litter adalah lantai kandang diselimuti dengan material yang relatif lebih empuk sehingga membuat ternak puyuh merasa nyaman berada di dalam kandang.

Kekurangan kandang budidaya puyuh jenis litter ini adalah telur puyuh rawan tertimbun di dalam litter dan berpotensi terinjak oleh puyuh atau peternak yang memanen puyuh. Kemungkinan lainnya telur puyuh tak ditemukan, membusuk di dalam kandang, kemudian pecah dan berpotensi menjadi sumber penyakit yang menganggu budidaya puyuh. Oleh karenanya, kandang budidaya puyuh harus diawasi dengan teliti.

Alas lantai kandang budidaya puyuh yang terlalu lama tak diganti juga berpotensi menjadi sumber penyakit. Jika litter telah mengeras kemungkinan kadar amoniak yang berasal dari kotoran puyuh meningkat dan membuat ternak puyuh rawan terserang gangguan pernapasan.

Sementara keunggulan kandang budidaya puyuh jenis baterai adalah pemanenan telur yang lebih mudah serta biaya perawatan yang lebih murah. Kebersihan kandang budidaya puyuh jenis baterai relatif juga lebih terjaga dan pemanenan lebih mudah karena telur puyuh mudah terlihat. Bahkan dengan membuat lantai kandang lebih miring di satu sisi, telur puyuh dapat terkumpul di satu tempat sehingga pemanenan dapat lebih cepat.

Selanjutnya mau memilih kandang budidaya puyuh jenis baterai atau litter keputusannya ada di tangan Anda.