Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra biasanya terjadi pada malam hari dan pada pagi harinya sudah tampak telur menempel pada hydnilla. Foto: selingkaran-com

Tips Persiapan dan Pemijahan Budidaya Ikan Neon Tetra

December 24, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Pemilihan indukan budidaya ikan neon tetra adalah hal yang paling utama diperhatikan sebelum melakukan pembenihan dan juga pembesaran. Hal ini bertujuan agar usaha budidaya ikan neno tetra dapat menghasilkan benih dan bibit yang sangat memuaskan atau pertumbuhan yang cepat. Berikut cara pemilihan indukan yang berkualitas dan juga pertumbuhan cepat pada budidaya ikan neon tetra.

Ciri ideal indukan betina untuk budidaya ikan neon tetra, yakni indukan sudah berumur 1-2 tahun bahkan lebih, memiliki ukuran yang maksimal, memiliki gerakan yang lincah, tak ada kecacatan, serta memiliki komposisi warna yang bagus dan cemerlang. Calon indukan betina yang dipilih untuk budidaya ikan neon tetra haruslah matang secara gonad. Selain itu, tentu saja, calon indukan betina yang dipilih untuk budidaya ikan neon tetra harus dapat dipastikan terjamin kesehatannya atau dengan kata lain bebas dari hama penyakit.

Sementara, ciri ideal indukan jantan untuk budidaya ikan neon tetra, yakni indukan sudah berumur 6 bulan – 1 tahun bahkan lebih. Kemudian, secara fisik, indukan jantan yang dipilih untuk budidaya ikan neon tetra hendaknya memiliki ukuran dan bobot yang ideal, memiliki gerakan lincah, dan warna lebih cerah.

Ciri lain yang perlu diperhatikan adalah indukan jantan untuk budidaya ikan neon tetra memiliki kualitas sperma yang baik untuk dapat membuahi sel telur. Indukan jantan yang dipilih untuk budidaya ikan neon tetra juga haruslah bebas dari hama dan penyakit.

Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra biasanya terjadi pada malam hari dan pada pagi harinya sudah tampak telur menempel pada hydnilla. Foto: selingkaran-com

Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra biasanya terjadi pada malam hari dan pada pagi harinya sudah tampak telur menempel pada hydnilla. Foto: selingkaran-com

Persiapan Pemijahan untuk Budidaya Ikan Neon Tetra

Persiapan sangat memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan spesies budidaya ikan neon tetra. Oleh karena itu, persiapan ini adalah hal utama yang harus di perhatikan untuk menghasilkan benih atau bibit yang sangat berkualitas. Berikut persiapan kolam atau wadah pemijahan pada budidaya ikan neon tetra dengan mudah dan sederhana.

  • Kolam atau wadah yang dibutuhkan adalah berukuran 1-2 meter persegi bahkan lebih tergantung dengan pemilik, dapat berupa bak, akuarium, atau wadah lainnya.
  • Pengairan yang bagus dan juga memiliki pH keasaman maksimal 6-7
  • Melakukan pengapuran kolam pembenihan kolam (kalau wadah tidak melakukan pengapuran ) selama 1-2 minggu, sebelum pemijahan dilakukan.
  • Setelah itu, pemberian air dan mencampurkan larutan garam. Bertujuan untuk menjaga kualitas air tetap baik.
  • Diamkan selama 3-4 hari, baru lakukan penebaran ikan yang sudah siap untuk dipijah.

Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra dilakukan dengan baik di kolam atau wadah yang bersih atau steril. Dengan perbandingan jantan dan betina yaitu 1: 2  atau 1: 3 tergantung dengan pemilik. Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra bisa dilakukan dengan kimiawi yaitu penyuntikan dengan pengambilan sperma jantan dan memasukan sperma di bagian sel telur  ikan betina.

Teknik Pemijahan Indukan Budidaya Ikan Neon Tetra

Dalam budidaya ikan neon tetra, pertama-tama letakan aquarium atau wadah pemijahan di tempat yang teduh terhindar dari sinar matarahari secara langsung dan usahakan bersuhu rendah. Selanjutnya isi aquarium untuk budidaya ikan neon tetra, dengan campuran air yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Tutup bagian atas aquarium atau wadah pemijahan budidaya ikan neon tetra, lalu biarkan selama beberapa hari, kontrol tingkat keasaman air pada aquarium menggunakan pH meter. Bila pH air di kolam budidaya ikan neon tetra mencapai 6,0 maka media tersebut sudah memenuhi persyaratan keasaman air untuk pemijahan spesies budidaya ikan neon tetra.

Selanjutnya, masukkan media penempel telur kemudian induk dilepaskan sebanyak 3 ekor pada setiap aquarium yang terdiri dari seekor jantan dan dua ekor betina, kemudian tutup kembali bagian atas aquarium budidaya ikan neon tetra.

Pemijahan pada budidaya ikan neon tetra biasanya terjadi pada malam hari dan pada pagi harinya sudah tampak telur menempel pada hydnilla. Segera setelah pemijahan selesai, induk ditangkap dan dipindahkan ke tempat pemeliharaan induk. Sewaktu pemindahan induk budidaya ikan neon tetra dari tempat pemijahan jaga telur jangan sampai terkena sinar atau cahaya secara langsung.

Tutuplah kembali aquarium budidaya ikan neon tetra rapat-rapat dan biarkan selama 24 jam. Jika diyakini telur sudah menetas, selubung dan tutup aquarium dibuka secara perlahan. Setelah berusia 3-4 hari larva mulai diberi pakan infusonia dan rotifera.

Pemeliharan Anakan Budidaya Ikan Neon Tetra

Pemeliharaan pada budidaya ikan neon tetra saat melakukan pemijahan ini sangat tergolong mudah dan sederhana, hanya saja di lakukan pengawasan dengan teratur dan juga maksimal. Hal ini untuk menjaga ikan agar tetap melakukan pemijahan (perkawinan) dalam kolam atau wadah. Namun, jika melakukan pemijahan secara penyuntikan melakukan pemeliharaan sangat mudah juga, melakukan pengontrolan air dan juga pergerakan ikan hingga terjadi peneluran ikan neon tetra.

Pemanenan pembenihan ikan neon terta dilakukan jika sudah menetas di dalam kolam ataupun wadah tempat pemijahan. Pemanenan ini dilakukan dengan cara pemindahan benih atau bibit di wadah lainnya. Serta melakukan penyeleksian benih spesies budidaya ikan neon tetra berkualitas dan kurang berkualitas, dan lakukan pembesaran ikan di kolam atau melakukan pemasaran benih di berbagai wilayah.

Larva spesies budidaya ikan neon tetra di dalam aquarium pemijahan tidak boleh dibiarkan terlalu lama, meskipun diberi pakan. Kapasitas ukuran aquarium budidaya ikan neon tetra yang terlalu kecil tidak akan mampu membesarkan benih secara maksimal.

Oleh karena itu benih budidaya ikan neon tetra selanjutnya dipindahkan ke aquarium yang lebih besar seperti ukuran (80 x 40 x 40) cm atau (100 x 50 x 40) cm. Benih budidaya ikan neon tetra dipindahkan setelah berumur 6 hari, pemindahan benih sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari dengan menyertakan sebagian air yang sudah digunakan.

Pakan budidaya ikan neon tetra yang paling cocok adalah infusoria atau rotifera lalu naupli artemia, kemudian kutu air dan selanjutnya dapat diberikan cacing sutera yang diberikan 3 kali sehari (dari berbagai sumber).

 

Baca Juga:

Peluang Budidaya Ikan Neon Tetra

 

› tags: budidaya ikan air tawar / budidaya ikan neon tetra /