Tips Budidaya Sidat di Kolam Terpal

August 24, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Budidaya sidat dapat menjadi pilihan karena usaha ini mampu memberi keuntungan yang besar dan pelaksanaannya juga tidak sulit. Budidaya sidat saat ini bisa dilaksanakan di halaman rumah dan dapat dilakukan di kolam terpal.

Budidaya sidat di kolam terpal dapat menjadi pilihan karena teknik ini memiliki keunggulan tersendiri. Budidaya sidat di kolam terpal tak perlu menggali tanah terlebih dahulu dan kolam dapat dipindah apabila lahan diperlukan untuk kebutuhan lain. Keunggulan budidaya sidat di kolam terpal lainnya yakni temperatur air yang ada di dalam kolam terpal ini cenderung stabil, jenis kolam mini sesuai untuk area yang kekurangan air dan mudah dibersihkan.

Biaya pembuatan kolam budidaya sidat berbahan terpal cenderung lebih rendah. Selain itu, hasil budidaya sidat di kolam terpal cenderung tidak berbau tanah.

Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Sidat

Cara membuat kolam terpal untuk budidaya sidat tidaklah sulit dan dapat dikerjakan sendiri. Adapun langkah membuat kolam terpal untuk budidaya sidat adalah dimulai dengan membuat rangka untuk kolam, dapat dengan menggunakan kayu maupun besi. Sementara, untuk sisi-sisinya, buatlah pagar dari kayu maupun bambu.

Langkah selanjutnya, adalah menyiapkan alasnya sebelum memasang terpal agar terhindar dari benda yang tajam dan membuat terpal bocor. Alas dapat terbuat dari sekam padi maupun karpet. Terakhir, pasanglah terpal dan ikatkan pada rangka-rangkanya.

Budidaya sidat di kolam terpal dapat menjadi pilihan karena teknik ini memiliki keunggulan tersendiri. Foto: belutkadut.wordpress.com

Untuk sirkulasi air di kolam budidaya sidat, diperlukan beberapa peralatan. Beberapa diantaranya ialah pompa air untuk kolam, filter kolam, batuan aerasi, dan juga selang untuk udara. Dengan memasang peralatan tersebut akan membuat sirkulasi dan kebersihan air lebih baik.

Perlu diketahui pula budidaya sidat memerlukan kondisi air yang ideal untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Pelaku budidaya sidat harus memperhatikan kondisi air yang ideal tersebut baik temperature atau suhu airnya, kandungan oksigen, salinitas, tingkat keasaman atau pH air, dan lain sebagainya.

Budidaya sidat menghendaki air pada temperature sekitar 29 derajat celcius, oksegen yang terlarut dalam air antara 0,5 hingga 2,5 ppm. Sementara, salinitas air untuk budidaya sidat yang baik adalah antara 6 hingga 7 ppt. Sedangkan tingkat keasaman air atau pH air di kolam budidaya sidat sebaiknya adalah 7 hingga 8.

Tips Mudah Budidaya Sidat

Kunci penting dalam budidaya sidat adalah pemilihan bibit yang baik dan pemberian pakan yang tepat sehingga pertumbuhan ikan sidat juga akan optimal. Pada budidaya sidat, pakan yang diberikan dapat berupa pakan alami maupun pakan buatan.

Pakan alami untuk budidaya sidat dapat berupa cacing tanah, udang dan kepiting kecil yang masih hidup dan segar. Sementara, pakan buatan yang dapat diberikan untuk budidaya sidat yakni pelet berprotein lebih dari empatpuluh persen, baik yang tenggelam maupun apung.

Selain itu, ada beberapa tips cara budidaya sidat di kolam terpal yang dapat kita ikuti, antara lain:
1. Pompa kolam budidaya sidat berperan sangat penting dalam budidaya sidat ini, yakni sebagai penggerak air dan berperan memperkaya kandungan oksigen di dalam air.

2. Ketika memberikan pakan budidaya sidat, jangan lupa untuk mematikan pompa kolam terlebih dahulu, sehingga pakan dapat focus di area tertentu.

3. Pakan budidaya sidat diberikan secara teratur sehari tiga kali.

4. Untuk pakan segar, misalnya cacing atau udang, berikan paling tidak tiga kali dalam seminggu.
Demikianlah tips mengenai cara budidaya sidat di kolam terpal mulai dari keunggulanncar, cara membuat, hingga tips budidaya sidat yang perlu diketahui (dari berbagai sumber).