Teknik Memelihara Dan Budidaya Ikan Arwana Super Red

October 30, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Saat ini peminat ikan arwana super red memang tersegmentasi di kalangan atas saja mengingat harga untuk seekor ikan arwana super red sangat tinggi. Ikan arwana super red dikenal pula sebagai ikan naga karena sisik-sisiknya yang unik, cantik, berkilau, dan mempesona, sorot mata dan sungutnya yang berwibawa, serta memiliki gerakan yang anggun bagai seeor naga.

Kelangkaan ikan arwana super red mendorong orang untuk berlomba-lomba mencoba mengembangbiakkannya di luar habitat aslinya di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan. Usaha budidaya ikan arwana super red saat ini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Namun demikian pengembangbiakan ikan yang sudah langka ini tak boleh sembarangan, harus memenuhi persyaratan tertentu dan memperoleh izin dari instansi yang berwenang.

Pada tulisan ini tips-ukm.com mencoba merangkum sejumlah kiat dan teknik dalam budidaya ikan arwana super red. Harapan kami tentu saja tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi serta referensi bagi penghobi ikan yang tertarik membudidayakan ikan arwana super red. Namun demikian, perlu diingat bahwa tulisan mengenai teknik budidaya ikan arwana super red ini adalah cara yang terbaik dan efektif. Budidaya ikan arwana super red sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti indukan dan bibit yang digunakan, keadaan kolam, kualitas air, kondisi cuaca, dan lain sebagainya.

Ikan arwana super red dikenal pula sebagai ikan naga karena sisik-sisiknya yang unik, cantik, berkilau, dan mempesona, sorot mata dan sungutnya yang berwibawa, serta memiliki gerakan yang anggun bagai seeor naga. Foto: www.majalahgreen.ga

Teknik Budidaya Ikan Arwana Super Red

Kolam budidaya ikan arwana super red memiliki ukuran 10 x 30 meter sedangkan untuk menjaga kesehatan induk ikan arwana super red, air kolam pun harus dijaga agar tetap bersih. Sebab jika air kolam budidaya ikan arwana super red tidak jernih maka akan mudah terserang penyakit. Sekali sehari indukan ikan jenis ini diberikan makan tepatnya di sore hari.

Pakan alami yang paling baik untuk indukan arwana super red berupa ulat jerman serta kodok. Kodok yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi sangat bagus untuk ikan arwana sedangkan pemberian ulat jerman adalah untuk dapat mengurangi lemak sehingga tubuh ikan arwana super red tidak akan kegemukan.

Sediakan pula kolam khusus untuk dijadikan tempat pemijahan ikan jenis ini. Dengan diberi atap dan pagar, diharapkan kolam pemijahan akan terasa nyaman bagi indukan ikan arwana super red sehingga bisa melangsungkan perkawinan tanpa adanya gangguan.

Telur ikan arwana super red dierami oleh induknya yang jantan. Jika di alam bebas, pengeraman berlangsung selama lebih kurang 60 hari. namun, jika di kolam budidaya ikan arwana super red lamanya pengeraman bisa disesuaikan dengan kebutuhan sampai telur menetas. Pada umumnya selama 2 minggu. Induk jantan akan puasa atau tidak makan selama masa mengerami telur ikan arwana super red.

Kolam budidaya ikan arwana super red memiliki ukuran 10 x 30 meter sedangkan untuk menjaga kesehatan induk ikan arwana super red, air kolam pun harus dijaga agar tetap bersih. Foto: www.fishkeeper-classifieds.co.uk

Anak ikan arwana super red yang telah menetas dipindahkan ke dalam akuarium incubator. Kondisi dalam akuarium disesuaikan sedemikian rupa sehingga sama dengan habitat aslinya, tentu akan membuat ikan yang baru menetas ini bisa beradaptasi sesuai habitatnya.

Karena anak ikan belum mampu berenang, air di akuarium pun dibuat berputar sehingga membuatnya dapat aktif bergerak. Di kolam permanen, anakan tersebut kemudian mulai dibesarkan. Di bagian pinggir kolam dipasangi pagar dan atasnya dipasangkan pelindung. Hal ini bertujuan agar ikan tidak bisa melompat ke luar kolam karena ikan arwana super red suka sekali melompat.

Setelah berusia selama 2 bulan dan sudah cukup ahli berenang, anak ikan arwana super red telah dapat dijual. Pada umur tersebutlah anak ikan arwana super red ini sudah mulai nampak keindahannya dan bisa dijual seharga lebih kurang Rp 3 juta.

Ikan Arwana Super Red Di Aquarium

Ikan arwana super red akan dapat lebih dinikmati keindahannya jika dipelihara di dalam sebuah aquarium. Pemilihan akuarium yang tepat akan dapat memaksimalkan pesona yang ditampilkan dari keindahan tubuh dan keeleganan serta keanggunan liukan dari seeor ikan arwana super red. Untuk itu perlu disiapkan sebuah aquarium yang dapat menampilkan ikan arwana super red secara sempurna.

Seekor ikan arwana super red yang telah mencapai ukuran 30 centimeter sebaiknya ditempatkan tersendiri di dalam sebuah aquarium besar berukuran panjang sekitar 1,5 hingga 2 meter dengan ukuran lebar paling tidak 60 centimeter. Ukuran aquarium yang besar memungkinkan ikan arwana super red bergerak bebas.

Pemilihan akuarium yang tepat akan dapat memaksimalkan pesona yang ditampilkan dari keindahan tubuh dan keeleganan serta keanggunan liukan dari seeor ikan arwana super red. Foto: austin.krypo.com

Selain ukuran aquarium yang layak bagi seekor ikan arwana super red, perhatikan pula peralatan dan perlengkapan pendukung aquarium yang akan membantu pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan ikan. Peralatan pendukung yang sebaiknya tersedia untuk aquarium ikan arwana super red antara lain aerator, filter, thermometer, lampu, heater, tormoslat, kertas PH, dan lain sebagainya.

Perhatikan pula pakan untuk ikan arwana super red di aquarium. Bagi ikan arwana super red pakan terbaik adalah pakan alami berupa hewan yang masih segar atau dalam keadaan hidup seperti udang, lipan, kadal, jangkrik, dan lain sebagainya (dari berbagai sumber).