Sejak ribuan tahun lalu hasil budidaya bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat bagi manusia. Foto: besthealthmag.ca

Sejarah dan Manfaat Budidaya Bawang Putih

October 6, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Tanaman budidaya bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah budidaya tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Cukup banyak peradaban dan bangsa yang ada di muka bumi ini yang memanfaatkan tanaman budidaya bawang putih untuk berbagai kepentingan, baik itu sebagai obat-obatan, maupun sebagai bumbu masakan.

Di Indonesia, tanaman budidaya bawang putih masuk melalui jalur perdagangan internasional yang sejak berabad-abad lampau meramaikan bandar-bandar di Indonesia. Dimulai dari daerah pesisir lama-kelamaan meluas ke daerah pedalaman.

Di Indonesia bawang putih dapat tumbuh baik pada dataran tinggi dan dataran rendah, antara lain di Tuwel, Tegal (Jawa Tengah), Bantul dan Gunung Kidul (Yogjakarta).

Varietas tanaman budidaya bawang putih yang banyak di tanam di Indonesia antara lain: lumbu hijau, lumbu kuning, cirebon, tawangmangu, jenis ilocos dari Filipina, dan jenis lokal Thailand. Dari banyak varietas tersebut yang banyak ditanam adalah varietas lumbu hijau dan lumbu kuning.

Sejarah Budidaya Bawang Putih

Umat manusia telah mengenal budidaya bawang putih sejak 4.000 tahun lalu. Dalam sebuah papyrus yang diperkirakan berasal dari 1500 tahun Sebelum Masehi (SM), ditemukan catatan bahwa orang Mesir percaya ada 22 khasiat tanaman budidaya bawang putih untuk mengobati beragam penyakit.

Tak heran bila tanaman budidaya bawang putih ditemukan di dalam makam Raja Tutankhamun dari Mesir. Selain itu, tanaman budidaya bawang putih yang diyakini orang Mesir bisa meningkatkan stamina, juga merupakan santapan para pekerja yang saat itu tengah membangun piramid.

Tak hanya bangsa Mesir, bangsa-bangsa lain juga mengakui khasiat bawang putih yang diidentikkan sebagai wonder drug. Lantaran kemanjurannya, orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai pengganti antibiotik. Mereka menyebutnya sebagai Penisilin Russia. Sementara orang Yunani dan Romawi menggunakan tanaman budidaya bawang putih untuk mengobati lepra dan asma, serta menghalau kalajengking.

Begitu pula dengan bangsa Viking, yang dalam pengembaraannya menaklukkan berbagai negeri, selalu membawa bawang putih sebagai pelengkap logistik mereka. Bahkan pada saat perang dunia tahun 1914-1918, tentara Prancis menggunakan herbal tanaman budidaya bawang putih untuk mengobati luka.

Tanaman budidaya bawang putih merupakan tanaman sayuran yang berasal dari Asia Tengah, diantaranya Cina dan Jepang yang beriklim subtropis. Dari sini tanaman budidaya bawang putih menyebar ke seluruh Asia, Eropa dan akhirnya ke seluruh dunia. Sejarah bawang putih berkaitan dengan sejarah perjalanan peradaban dunia yang terlkenal.

Sebut saja piramida yang berasal dari zaman keemasan Mesir. Disini, tanaman budidaya bawang putih digunakan sebagai menu utama yang diberikan kepada buruh yang membangun piramida itu.

Sejak ribuan tahun lalu hasil budidaya bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat bagi manusia. Foto: besthealthmag.ca

Sejak ribuan tahun lalu hasil budidaya bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat bagi manusia. Foto: besthealthmag.ca

Manfaat Tanaman Budidaya Bawang Putih

Tanaman budidaya bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang banyak digunakan untuk bumbu penyedap setiap masakan. Bawang putih ini termasuk bumbu yang murah dan mudah ditemukan di setiap dapur semua orang. Selain sebagi bumbu penyedap masakan, bawang putih dapat dimakan langsung, digoreng terlebih dahuli maupun di buat sambal bawang putih.

Selain berbagi manfaat diatas, tanaman budidaya bawang putih ternyata menyimpan zat-zat yang memiliki manfaaat dahsyat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat bawang putih bagi kesehatan tubuh tersebut.

Tanaman budidaya bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat alami dari berbagai keluhan, gangguan maupun penyakit yang menyerang tubuh seseorang. Jadi, sebelum munculnya kemajuan teknologi di bidang kesehatan, nenek moyang kita masih menggunakan media pengobatan alami dengan menggunakan bawang putih tersebut.

Berikut ini 7 manfaat dahsyat hasil budidaya bawang putih bagi kesehatan tubuh anda :

1. Umbi tanaman budidaya bawang putih mengandung dialil sulfida yang memiliki peran mencegah kanker yang bisa membahayakan jiwa anda. Bagi perempuan, mengkonsumsi bawang putih secara tidak berlebihan dapat menangkal kanker pada payudara.

2. Bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Sehingga sangat cocok sebagai obat alami bagi yang mengalami penyakit atau gejala diabetes.

3. Kandungan kolesterol jahat dalam darah tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Mengkonsumsi bawang putih merupakan langkah tepat dan terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut.

4. Radikal bebas yang bercampur dengan oksigen yang dihirup dapat membahayakan kesehatan jantung anda. Bawang putih mampu melindungi organ jantung dari berbagai radikal bebas yang bertebaran di udara.

5. Kandungan zat kimia yang bernama ajoene didalam bawang putih berkhasiat untuk membasmi berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit tubuh anda.

6. Tanaman budidaya bawang putih dapat menangkal berbagai serangan virus maupun bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh anda.

7. Kandungan gas hidrogen sulfida dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah serta berperan besar dalam mengontrol tekanan darah seseorang.

Demikian seputar sejarah singkat dan manfaat tanaman budidaya bawang putih bagi kesehatan manusia (dari berbagai sumber).

Baca Juga:

Tips Pemeliharaan Tanaman Budidaya Bawang Putih,

Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Budidaya Bawang Putih

Tips Pemanenan dan Pasca Panen Pada Budidaya Bawang Putih

› tags: budidaya bawang putih /