Persiapan Lahan Dan Kondisi Ideal Budidaya Bunga Krisan

December 18, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Tahun tahun belakangan budidaya bunga krisan semakin meluas dan semakin banyak petani yang menanam bunga krisan di Indonesia. Perkembangan budidaya bunga krisan di Indonesia didorong oleh permintaan yang cukup tinggi dan teknik budidaya bunga krisan yang cukup mudah dilakukan. Selain itu hasil budidaya bunga krisan juga dihargai cukup baik dengan harga yang cukup stabil.

Penyebaran budidaya bunga krisan boleh dibilang telah merata ke seluruh belahan dunia. Budidaya bunga krisan dapat dilakukan di daerah yang memiliki temperatur mulai dari 17 hingga 30 derajat celcius. Budidaya bunga krisan paling cocok dilaksanakan di lahan yang terletak di kawasan tropis dengan suhu udara antara 20 hingga 26 derajat celcius. Oleh karenanya budidaya bunga krisan sangat cocok dilakukan di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropisnya.

Anda yang tertarik untuk mencoba peruntungan dalam budidaya bunga krisan ada baiknya menyimak informasi yang kami suguhkan di tips-ukm.com. Pada bagian ini kami membahas seputar lahan yang ideal untuk budidaya bunga krisan dan cara penyiapan media tanam untuk budidaya bunga krisan.

Budidaya bunga krisan sangat cocok dilakukan di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropisnya. Foto: organic-gardening.site74.com

Penyiapan Lahan Budidaya Bunga Krisan

Lahan budidaya bunga krisan sebaiknya memiliki tanah yang gembur dan subur. Lahan budidaya bunga krisan dapat ditambahkan arang sekam dan pupuk kompos agar semakin gembur. Lahan budidaya bunga krisan juga dapat ditaburi dolomite jika keadaan tanah terlalu asam dan juga akan dapat meningkatkan kesuburan lahan.

Lahan budidaya bunga krisan juga harus memiliki daya serap yang baik. Genangan air yang terlalu lama di lahan budidaya bunga krisan dapat menggenangi akar dan mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Budidaya bunga krisan akan memberikan hasil positif bila didukung pula dengan pengadaan media tanam yang baik. Media tanam yang baik untuk budidaya bunga krisan adalah tanah yang berteskstur liat berpasir, subur, gembur.

Media tanam untuk budidaya bunga krisan memiliki tingkat keasaman tanah yang baik serta cocok untuk tanaman bunga krisan, yakni sekitar 5,5 hingga 6,7. Lahan budidaya krisan yang ideal berada di ketinggian antara 700-1200 meter di atas permukaan air laut (m dpl).

Budidaya bunga krisan akan memberikan hasil positif bila didukung pula dengan pengadaan media tanam yang baik. Media tanam yang baik untuk budidaya bunga krisan adalah tanah yang berteskstur liat berpasir, subur, gembur. Foto: karshikakeralam.org

Kondisi Ideal Budidaya Bunga Krisan

Budidaya bunga krisan membutuhkan kelembaban yang tinggi untuk awal pembentukan akar bibit, setek diperlukan 90-95%. Tanaman muda sampai dewasa antara 70-80%, diimbangi dengan sirkulasi udara yang memadai. Budidaya bunga krisan membutuhkan air yang memadai, tetapi tidak tahan terhadap terpaan air hujan. Oleh karena itu untuk daerah yang curah hujannya tinggi, budidaya bunga krisan dilakukan di dalam bangunan rumah kaca. Untuk pembungaan membutuhkan cahaya yang lebih lama yaitu dengan bantuan cahaya dari lampu TL dan lampu pijar.

Pelaku budidaya bunga krisan harus mengetahui bahwa pada malam hari, bunga krisan memerlukan tambahan cahaya. Jadi, sediakan lampu tanaman sebagai sumber pencahayaan tambahan untuk membantu proses pertumbuhan bunga krisan. Penambahan penyinaran pada budidaya bunga krisan yang paling baik adalah tengah malam antara jam 22.30–01.00 dengan lampu 150 watt untuk areal 9 m 2 dan lampu dipasang setinggi 1,5 m dari permukaan tanah. Periode pemasangan lampu dilakukan sampai fase vegetatif (2-8 minggu) untuk mendorong pembentukan bunga.

Untuk daerah yang curah hujannya tinggi, budidaya bunga krisan dilakukan di dalam bangunan rumah kaca. Foto: karshikakeralam.org

Pelaku budidaya bunga krisan harus memahami bahwa tanaman bunga krisan memerlukan pupuk untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik atau pupuk kompos. Pemberian pupuk dapat dengan cara menaburkan pupuk di setiap pot tanaman bunga krisan. Taburkan pupuk dengan takaran secukupnya.

Demikian informasi mengenai penyiapan lahan dan kondisi ideal bagi budidaya bunga krisan semoga bermanfaat bagi anda para pencinta bunga hias yang cantik menawan (dari berbagai sumber).