Spesies budidaya ikan neon tetra akan semakin terlihat kecantikannya saat bergerak bergerombol hilir-mudik di antara 
tatanan tumbuhan air yang tumbuh harmonis di dalam aquaspace. Foto: save-image.com

Peluang Budidaya Ikan Neon Tetra

December 21, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Spesies budidaya ikan neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk menarik dan memiliki nilai komersil. Selain neon tetra, jenis ikan tetra lainnya yang dikenal yakni cardinal tetra (Paracgeirodon axelrodi), serpae tetra (Eques hyphessobrycon), red phantom tetra (Hypessobrycon sweglesi), black phantom (Hypessobrycon megalopterus).

Jenis ikan tetra yang lain, yakni emperor tetra (Nematobrycon palmeri), rummy nose tetra (Hemigrammus rhodostomus), flame tetra (Hyphessobrycon flammeus), rosy tetra (Hyphessobrycon rosaceus), dan bleeding heart tetra (Hyphessobrycon erythrostigma).

Spesies budidaya ikan neon tetra memang sangat cocok apabila dijadikan penghias aquascape karena gemerlap warnanya.

Spesies budidaya ikan neon tetra adalah perenang tengah, mereka akan lebih baik dipelihara lebih dari 10 ekor, untuk efek bergerombol ketika mereka bergerak di sekitar aquaspace atau akuarium.

Spesies budidaya ikan neon tetra akan semakin terlihat kecantikannya saat bergerak bergerombol hilir-mudik di antara
tatanan tumbuhan air yang tumbuh harmonis di dalam aquaspace.

Spesies budidaya ikan neon tetra sangat menyukai aquarium yang ditanami tanaman hidup dan kayu-kayu dengan moss menempel dengan cahaya tenang dan suhu ideal 21-27 derajat celcius atau 70 hingga 81 derajat fahrenheit, menyerupai lingkungan Amazon asli mereka.

Warna dan garis warna-warni spesies budidaya ikan neon tetra dapat menjadi redup di malam hari, dan dapat hampir tak terlihat setelah periode kegelapan. Warna juga dapat memudar selama periode stres, atau akibat ketidaksesuaian dengan lingkungan.

Spesies budidaya ikan neon tetra, apabila diperhatikan sekilas bentuk dan warna sangat mirip dengan Cardinal Tetra. Perbedaan diantara keduanya adalah spesies budidaya ikan neon tetra tidak memiliki garis merah di Bawah garis biru di sepanjang tubuhnya. Garis merah pada spesies budidaya ikan neon tetra hanya berada di setengan badan sampai ekor.

Spesies budidaya ikan neon tetra akan semakin terlihat kecantikannya saat bergerak bergerombol hilir-mudik di antara tatanan tumbuhan air yang tumbuh harmonis di dalam aquaspace. Foto: save-image.com

Spesies budidaya ikan neon tetra akan semakin terlihat kecantikannya saat bergerak bergerombol hilir-mudik di antara tatanan tumbuhan air yang tumbuh harmonis di dalam aquaspace. Foto: save-image.com

Mengenal Spesies Budidaya Ikan Neon Tetra

Budidaya ikan neon tetra merupakan budidaya ikan air tawar dari keluarga characin (keluarga Characidae) dari order Characiformes. Ahli budidaya ikan neon tetra meyakini bahwa ikan ini adalah asli sungai blackwater atau clearwater yang terletak di tenggara Kolombia, Peru timur, dan Brasil barat, termasuk anak sungai dari Solimoes.

Spesies budidaya ikan neon tetra dapat tumbuh dengan keseluruhan panjang tubuh menjadi sekitar 3 cm (1,2 inci). Spesies budidaya ikan neon tetra jantan memiliki tubuh yang ramping sedangkan spesies budidaya ikan neon tetra betina memiliki bentuk tubuh yang cenderung bulat pendek.

Spesies budidaya ikan neon tetra jantan memiliki tubuh yang agak panjang sedangkan spesies budidaya ikan neon tetra betina bagian perutnya lebih gemuk.

Spesies budidaya ikan neon tetra jantan memiliki gerakan yang lebih lincah, sedangkan spesies budidaya ikan neon tetra betina gerakannya lebih lamban.

Spesies budidaya ikan neon tetra jantan memiliki garis warna neon lurus sementara pada spesies budidaya ikan neon tetra garis warnanya bengkok.

Spesies budidaya ikan neon tetra memiliki umur antara 3 hingga 5 tahun. Spesies budidaya ikan neon tetra mulai dapat bereproduksi pada rentang usia 6 hingga 12 bulan, dimana dalam satu kali pemijahan, telur yang dihasilkan berkisar antara 80 hingga 180 butir telur.

Tips Pemeliharaan Pada Budidaya Ikan Neon Tetra

Spesies budidaya ikan neon tetra adalah omnivora dan akan menerima makanan serpihan sebagian besar, jika terlalu kecil, tetapi juga harus memiliki beberapa makanan kecil seperti artemia, daphnia, frozen bloodworm, tubifex, dan micropellet untuk melengkapi diet mereka.

Pelet tropis tenggelam sangat ideal untuk spesies budidaya ikan neon tetra, karena sebagian besar merek dagang yang tersedia di antaranya terdapat peningkat warna alami yang membuat keluar warna spesies budidaya ikan neon tetra.

Pemeliharaan pada budidaya ikan neon tetra sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai serangan penyakit. Pemeliharaan pada budidaya ikan neon tetra yang paling utama adalah menjaga kualitas air secara berkala atau membersihkan filter aquarium secara teratur dan melakukan pergantian air juga secara teratur minimal seminggu sekali.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang spesies budidaya ikan neon tetra adalah infeksi pleistphora. Spesies budidaya ikan neon tetra yang terinfeksi akan menunjukkan gejala berupa warna ikan memucat dan disertai dengan hilangnya garis merah, pada infeksi ringan bisa tidak menunjukan gejala apa-apa. Sedangkan pada gejala menengah sampai parah.

Selain warna memucat dan kehilangan warna merah, juga disertai dengan timbulnya bercak putih di bawah kulit. Munculnya bercak putih menunjukan terjadinya kerusakan pada jaringan otot ikan. Disamping gejala tersebut, ikan yang terinfeksi dapat pula menunjukan gejala lemas, sulit berenang, dan kurus.

Pada budidaya ikan neon tetra penyebab penyakit ini ialah dari parasit Pleistophora hyphessobryconis. Penyebab penyakit pada umumnya terjadi melalui spora yang terbawa oleh pakan atau melalui bagian ikan terinfeksi yang mati dan dimakan oleh ikan yang bersangkutan

Infeksi dapat pula dipicu oleh kondisi kualitas air yang memburuk atau tidak sesuai dengan kebutuhan ikan noen tetra. Oleh karena itu, sebelum melakukan perlakuan apapun terhadap penyakit ini, pastikan terlebih dahulu kondisi air aquariumnya sudah ideal untuk hidup ikan neon tetra.

Setelah parasit berhasil masuk ke dalam usus ikan, parasit akan masuk kedalam jaringan tubuh dan menggandakan diri dan kemudian akan menyebar kedalam jaringan tubuh lainnya. Jaringan tubuh yang sudah mengandung parasit ini akan mati, warnanya menjadi pucat kemudian berubah berwarna putih.

Belum ada obat-obatan yang diketahui efektif untuk mengatasi infeksi Pleistphora. Meskipun demikian, tidak ada salahnya menggunakan obat Toltrazunil, obat ini diketahui cukup menjanjikan untuk mengatasi parasit ini.

Demikianlah informasi singkat seputar peluang budidaya ikan neon tetra, semoga bermanfaat (dari berbagai sumber).

Baca Juga:

Tips Persiapan dan Pemijahan Budidaya Ikan Neon Tetra

› tags: budidaya ikan air tawar / budidaya ikan neon tetra /