Hasil olahan budidaya kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Foto: imamrogersi11.files_.wordpress.com

Nilai Gizi dan Pemanfaatan Hasil Budidaya Kacang Tanah

December 26, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Budidaya kacang tanah (Arachis hypogaea L) menarik minat masyarakat karena memiliki beragam manfaat dan nilai ekonomis yang cukup besar. Seperti diketahui bersama, kacang-kacangan, termasuk hasil budidaya kacang tanah menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh.

Hasil olahan budidaya kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada kacang tanah ini diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar 828 kalori (8% dari kebutuhan harian), 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian), 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian), 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian), 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian), serta 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)

Peminat budidaya kacang tanah perlu pula mengetahui bahwa kandungan lemak pada kacang mentah, hanya 19 persen lemak jenuh, sementara 81 persen lainnya berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi terhadap diabetes 2 dan penyakit arteri, tetapi lemak tak jenuh bekerja secara terbalik, justru menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner.

Peminat budidaya kacang tanah perlu pula mengetahui bahwa secangkir kacang tanah mentah, mengandung 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium dan 10% kalsium. Mineral ini membantu ulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Mereka juga mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain itu, satu porsi kacang tanah mentah memasok 110% dari asupan makanan referensi untuk niacin, 88 persen untuk folat, 81 persen untuk vitamin E, 78 persen untuk tiamin, 30 persen untuk vitamin B-6 dan 15 persen untuk riboflavin. Vitamin ini membantu melindungi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh, mengatur nafsu makan, menjaga pencernaan yang sehat dan metabolisme dan membantu kulit, matadan kesehatan neurologis. Folat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mencegah cacat lahir tulang belakang dan saraf.

Hasil olahan budidaya kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Foto: imamrogersi11.files_.wordpress.com

Hasil olahan budidaya kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Foto: imamrogersi11.files_.wordpress.com

Manfaat Hasil Budidaya Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Beruntunglah bagi mereka yang rajin mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah. Berikut ini beberapa manfaat hasil olahan budidaya kacang tanah untuk kesehatan.

1. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah bermanfaat mengurangi rasa depresi

Pada olahan hasil budidaya kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

Kandungan asam lemak pada olahan hasil budidaya kacang tanah diyakini penting untuk sel-sel saraf otak. Sel otak ini akan membantu mengontorl stres dan perubahan suasana hati, untuk mencegah berbagai gangguan kulit seperti keriput, garis halus dan kusam.

2. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah menurunkan risiko batu empedu

Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.

3. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah menurunkan risiko kanker usus besar

Kacang bisa mengurangi risiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27%.

4. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah dapat menjaga berat badan

Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

5. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah dapat mencegah penyakit jantung

Konsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

6. Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah bermanfaat bagi kesehatan kulit

Selain memuaskan rasa lapar, konsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah juga membuat kulit halus, lembut dan tampak lebih muda.

Efek Samping Hasil Budidaya Kacang Tanah

Meskipun asupan hasil budidaya kacang tanah ini memang dianjurkan, namun sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan. Mengkonsumsi berbagai variasi makanan, jauh lebih baik untuk mendapatkan manfaat sayur sayuran dan manfaat buah buahan yang seimbang.

Mengkonsumsi olahan hasil budidaya kacang tanah secara berlebihan dapat menyebabkan gas, mulas, dan alergi makanan tiba-tiba terhadap kacang. Alergi kacang mungkin adalah alergi makanan yang paling serius Anda dapat mengembangkannya. Penderita alergi kacang beresiko tinggi reaksi alergi yang serius yang benar-benar dapat mengancam kehidupan, bahkan jika episode pertama dari sensitivitas kacang itu tidak parah.

Jika Anda curiga Anda memiliki alergi kacang, Anda perlu untuk diuji oleh ahli alergi segera dan menghindari semua produk kacang sampai alergi ditentukan sebagai yang benar atau tidak.

Kebanyakan orang yang memiliki alergi kacang maupun olahan hasil budidaya kacang tanah akan mengalami reaksi dalam beberapa menit dari menyentuh atau makan kacang atau produk yang terbuat dari kacang. Reaksi biasanya dimulai dengan kesemutan di mulut diikuti dengan pembengkakan wajah, tenggorokan dan mulut. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan bernafas, serangan asma, shock anafilaksis dan kematian. Reaksi kurang parah termasuk ruam, gatal-gatal dan sakit perut.

Jika Anda memiliki alergi kacang, Anda akan selalu membawa Epinefrin untuk melawan gejala alergi sambil menunggu bantuan darurat datang. Jika Anda memiliki alergi kacang tanah, bisa jadi Anda juga memiliki alergi terhadap semua jenis kacang. Anda disarankan menghindari semua produk kacang, termasuk minyak kacang dan produk olahan pada peralatan yang digunakan untuk mengolah kacang.

Peminat olahan hasil budidaya kacang tanah juga perlu mengetahui bahwa kacang-kacangan rentan terhadap kontaminasi aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur, aspergillus flavus, yang sangat beracun dan karsinogenik (menyebabkan pertumbuhan baru ganas yang ditemukan di kulit atau selaput organ tubuh), terutama faktor risiko untuk kanker hati.

Setelah kacang menunjukkan warna kuning kehijauan, itu berbahaya dan tidak bisa lagi dikonsumsi. Juga, mereka yang menderita stagnasi kelembaban-dingin dan berlama-lama diare tidak harus memakannya.

Asam alfa-linolenat adalah asam lemak yang ditemukan dalam banyak makanan. Kebanyakan, tetapi tidak semua, penelitian telah menemukan bahwa tinggi tingkat makanan atau darah asam alpha-linolenic berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker prostat. Konsentrasi asam alfa-linolenat yang tinggi kacang tanah dan kacang lainnya seperti almond, kacang Brazil, kacang mete, biji rami, hazelnut, kacang macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan walnut.

Demikianlah informasi singkat seputar kandungan gizi dan pemanfaatan hasil olahan budidaya kacang tanah berikut efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat mengkonsumsi olahan budidaya kacang tanah (dari berbagai sumber).

Baca Juga:

Langkah Cerdas dan Mudah Budidaya Kacang Tanah

› tags: Budidaya Kacang Tanah /