Pelaku budidaya ikan killi mengenali tubuh Nothobranchius rachovii yang terang mencolok: kombinasi merah, putih, dan biru metalik. Foto: ichthyologist.tumblr.com

Mengenal Potensi Budidaya Ikan Killi atau Killifish

September 22, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Budidaya ikan killi atau killifish (Aphyosemion) merupakan budidaya ikan hias yang termasuk ikan dalam kategori mini. Peminat budidaya ikan killi hampir ada di seluruh dunia karena sebaran ikan ini meliputi seluruh perairan di dunia kecuali perairan Australia.

Asal mula nama ikan killi atau killifish yang disematkan pada ikan ini adalah dari bahasa Belanda yaitu “klide” yang mengandung makna sungai kecil atau genangan air. Ukuran tubuh hewan budidaya ikan killi ini hanya sekitar 2.5 sampai 5 cm. Sedangkan jenis ikan killi atau killifish yang paling besar, ukuran tubuhnya tetap di bawah 15 cm.

Peminat budidaya ikan killi atau killifish harus mengetahui bahwa ikan ini tergolong ke dalam family Cyprinodontidae, yaitu kelompok jenis ikan yang dikenal sebagai karper bergigi yang bertelur.

Peminat budidaya ikan killi atau killifish perlu mengetahui bahwa ikan ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan jenis ikan Live Bearing, yaitu ikan Molly dan ikan Guppy. Karena Killifish masih memiliki hubungan dengan jenis ikan Live Bearer, maka tak heran jika ikan ini gemar memakan larva nyamuk.

Sebagian besar dari spesies ikan killi atau killifish memiliki warna yang menarik dan sirip yang kuat.
Peminat budidaya ikan killi atau killifish tergolong jenis ikan yang sangat teritori, yaitu membela wilayahnya dari ikan jantan lain yang memasuki wilayahnya. Namun uniknya, ikan killi atau illifish akan mengawini semua ikan betina yang masuk ke wilayahnya.

Mengenal Spesies Budidaya Ikan Killi Atau Killifish

Sejatinya ada 1.270 spesies jenis ikan dalam budidaya ikan killi atau killifish yang tersebar di Eurasia (Eropa-Asia), Amerika, dan Afrika. Yang paling popular diantara peminat budidaya ikan killi atau killifish adalah genus Nothobranchius asal savana di Afrika Timur. ‘Genus Nothobranchius mempunyai warna paling cerah.

Pelaku budidaya ikan killi mengenali tubuh Nothobranchius rachovii yang terang mencolok: kombinasi merah, putih, dan biru metalik. Foto: ichthyologist.tumblr.com

Pelaku budidaya ikan killi mengenali tubuh Nothobranchius rachovii yang terang mencolok: kombinasi merah, putih, dan biru metalik. Foto: ichthyologist.tumblr.com

Pelaku budidaya ikan killi mengenali tubuh Nothobranchius rachovii yang terang mencolok: kombinasi merah, putih, dan biru metalik. Itu kontras dengan ekor yang dibingkai garis jingga kemerahan dan hitam. Atas keistimewaan itu ia dinobatkan sebagai killisfish tercantik di dunia. Jenik spesies budidaya ikan killi ini boleh saja kecil, tapi pesonanya luar biasa dengan tubuh yang hanya 5 – 6 cm.

Tubuh bluefin notho – sebutan rachovii di mancanegara – seolah bercahaya saat terpapar sinar lampu. Karena itu pula ia menjadi ikan terfavorit. Selain itu, ‘Gerakannya lincah dan tidak mudah stres’. Keunggulan itu membuat rachovii banyak dipakai sebagai ikon pada beberapa situs budidaya ikan killi atau killifish mancanegara.

Potensi Budidaya Ikan Killi Atau Killifish>/h3>

Kebiasaan killifish di alam menginspirasi para pelaku budidaya ikan killi atau killifish di berbagai belahan dunia. Pelaku usaha budidaya ikan killi menawarkan ikan ini saat masih dalam bentuk telur. ‘

Telur-telur budidaya ikan killi berdiameter sekitar 1,5 mm itu dimasukkan dalam wadah plastik tanpa air. Wadah itu hanya berisi substrat lembap seperti cocopeat, peat moss, atau campuran pakis untuk membenamkan telur.

Telur-telur itu siap ditetaskan setelah 1,5 – 2 bulan berada dalam substrat. Caranya, tuangkan substrat ke akuarium yang telah diisi air setinggi 5 cm. Dalam15 menit telur mulai menetas. Burayak yang dihasilkan tumbuh cepat sehingga selang sepekan dapat dipindahkan ke akuarium tanpa substrat.

Pelaku budidaya ikan killi atau killifish bisa dipijahkan saat umur 1,5 bulan dengan komposisi 1 jantan 2 – 3 betina. Substrat lembap – tanpa tanah – harus tersedia di dasar tempat pemijahan sesuai di habitat aslinya. Subtrat telah berisi telur sepekan kemudian, pada eggersii dalam sepekan terkumpul sekitar 170 telur. Selama jantan dan betina disatukan perkawinan pada budidaya ikan killi akan terus berlangsung.

Karena mudahnya memijah, budidaya ikan killi atau killifish potensial dikembangkan. Demikian informasi dan tips seputar budidaya ikan killi atau killifish (dari berbagai sumber).

Baca Juga:

Tips Pemijahan Budidaya Ikan Killi atau Killifish

 

› tags: Budidaya Ikan Killi / Killi Fish /