Mengenal Budidaya Gambas Atau Oyong

August 25, 2016 - Tips Budidaya / Uncategorized

Budidaya gambas atau oyong (Luffa acutangul) termasuk budidaya tanaman merambat yang tergolong labu-labuan. Budidaya gambas atau oyong diperkirakan berasal dari India dan dibudidayakan di Asia Utara dan Asia Tenggara.

Sayuran budidaya gambas atau oyong berbentuk panjang dan kulitnya berwarna hijau gelap dengan permukaan bersiku-siku hampir mirip belimbing, meski begitu daging oyong sangat lembut mirip spon.

Budidaya gambas atau oyong membutuhkan iklim panas, dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim. Budidaya gambas umumnya dilakukan petani tradisional atau masyarakat sebagai sayuran yang ditanam di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Di Indonesia, sayuran budidaya gambas atau yong termasuk sayuran yang murah dan mudah didapatkan di tukang sayur ataupun pasar tradisional.

Kandungan Sayuran Budidaya Gambas Atau Oyong

Sayuran budidaya gambas memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tiap 100 gram sayuran budidaya gambas mengandung protein sebanyak 0,6 hingga 1,2 gram, lemak sebanyak 0,2 gram, karbohidrat 4 hingga 4,9 gram. Kemudian kalsium 16 hingga 20 miligram, Ferrum 0,4 hingga 0,6 miligram, posphat sebanyak 24 hingga 32miligram.

Sayuran budidaya gambas atau oyong juga mengandung vitamin A sebanyak 45 hingga 410 IU, vitamin B1 sebanyak 0,04 hingga 0,05 miligram, vitamin B2 sebanyak 0,02 hingga 0,06 miligram, vitamin C sebanyak 7 hingga 12 miligram, dan total energy 87 kJ.

Hasil budidaya gambas atau oyong ini dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Sayuran budidaya gambas atau oyong biasa dikonsumsi sebagai bahan campuran pada sayur dan lauk-pauk, umumnya dibuat sebagai sayur bening, oseng-oseng, sayur bobor, dan lain sebagainya. Sayuran budidaya gambas yang memiliki biji di tengah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh

Manfaat Sayuran Budidaya Gambas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sayuran budidaya gambas atau oyong memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat sayuran budidaya gambas atau oyong untuk kesehatan:

1. Menyehatkan tulang
Kandungan kalsium, Vitamin K, dan kalium dalam sayuran budidaya gambas berkhasiat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat almai dalam sayuran budidyaa gambas atau yong yang tinggi snagat bagus untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi beberapa masalah, diantaranya : sembelit, susah BAB, dan lainnya.

3. Membunuh sel kanker
Kandungan Vitamin K dalam sayuran budidaya gambas atau oyong bermanfaat memperlambat dan membunuh sel kanker.

4. Menurunkan Kadar gula darah
Kandungan Cucurbitasin dan serat yang tinggi dalam biji sayuran budiaya gambas atau oyong sangat bermanfaat membantu menetralkan kadar gula dalam darah sehingga bagus dikonsumsi penderita diabetes.

5. Mengatasi anak cacingan
Biji sayuran budidaya gambas atau oyong yang sudah tua bisa Anda manfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya dengan menghaluskan biji oyong, kemudian menyeduhnya bersama air panas dan meminumnya secara rutin.

6. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium atau potasium dalam sayuran budidaya gambas atau oyong ini sangat bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah sehingga cocok sekali bagi penderita hipertensi.

Sayuran budidaya gambas memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fotopartnerherbal.com

7. Mengatasi radang tenggorokan
Kandungan vitamin C dalam sayuran budidaya gambas atau oyong bagus untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Caranya cukup blender oyong yang masih muda, kemudian tambahkan madu atau gula batu. Minum secara teratur hingga masalah tenggorokan bisa teratasi.

8. Melancarkan ASI
Kandungan nutrisi dalam sayuran budidaya gambas atau sangat berkhasiat membantu meningkatkan volume ASI. Jadi ketika proses menyusui, Anda bisa mencatat sayuran ini dalam list barang yang akan dibeli.

9. Merawat Kecantikan Kulit
Sayuran budidaya gambas atau oyong memiliki kandungan vitamin A, C dan Vitamin K yang merupakan antioksidan alami yang membantu menjaga kecantikan kulit, misalnya : menghilangkan garis gelap di bawah mata, mencegah penuaan dini dan menghilangkan tanda penuaan kulit.

Demikianlah pengenalan singkat mengenai kandungan dan pemanfaatan sayuran hasil budidaya gambas atau oyong, semoga bermanfaat (dari berbagai sumber).