Hasil budidaya jambu air dapat dinikmati dua kali dalam setahun, umumnya pada bulan Juli dan September. Foto: www.bebeja.com

Budidaya Jambu Air Bikin Rezeki Mengalir

April 18, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Budidaya jambu air kini tak lagi hanya sebatas sebagai tanaman buah di pekarangan rumah. Jika dahulu biasanya budidaya jambu air hanya untuk tanaman penghijauan dan pelindung dari panas, jika berbuah hanya dikonsumsi sendiri oleh keluarga dan tetangga, namun kini zamannya sudah berbeda.

Budidaya jambu air kini tak lagi hanya sebatas sebagai tanaman buah di pekarangan rumah. Foto: Budidaya jambu air kini tak lagi hanya sebatas sebagai tanaman buah di pekarangan rumah.

Budidaya jambu air tak hanya sebatas menanam satu atau dua pohon saja. Kini budidaya jambu air telah dilakukan secara intensif di lahan yang luas. Bahkan, hasilnya telah dapat dijadikan sumber penghasilan utama yang jumlahnya relatif besar.

Tentu saja untuk memperoleh penghasilan yang berlipat dari budidaya jambu air, metode penanamannya tak sama dengan budidaya jambu air di pekarangan yang hanya dipelihara seadanya. Budidaya jambu air cocok dilakukan di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Mengenal Manfaat Budidaya Jambu Air

Kesuksesan budidaya jambu air juga ditentukan oleh pemilihan jenis bibit jambu air yang tepat. Saat ini peneliti dan pelaku budidaya jambu air telah berhasil mengembangkan banyak sekali varietas jambu air.

Bibit yang digunakan dalam budidaya jambu air antara lain adalah jambu air citra, jambu air kancing mutiara, jambu air mawar, jambu air irung petruk, jambu air madu panjang, jambu air kaget, jambu air bangkok, jambu air bunton merah jambu air bunton hijau, jambu air thongsamsi, jambu air toonklow, jambu air tangkweh, jambu air hicancou, jambu air manalagi, jambu air red-rose apple, jambu air giant, jambu air black diamond, jambu air jamaica, jambu air pink-rose apple, jambu air king-rose, jambu air pink-rose apple.

Budidaya jambu air dapat jadi pilihan karena buah yang memiliki banyak air ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Foto: tokobibitonline.com

Budidaya jambu air dapat jadi pilihan karena buah yang memiliki banyak air ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Adapun nutrisi yang ada dalam buah jambu air yakni karbodirat, kalori, protein, vitamin kalsium, besi, sodium, zinc, magnesium, riiboflavin, fosfor, tiamin, potasium, Cu, dan mangan.

Jambu air yang kaya akan kandungan nutrisi tinggi yang diperlukan oleh tubuh ternyata merupakan buah yang bagus dikonsumsi untuk memelihara kesehatan. Buah jambu air dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A, jambu air dapat mencegah dehidrasi karena buah ini memiliki kandungan air hingga 93 persen, jambu biji juga berkhasiat untuk pengobatan diare.

Selain itu, ternyata buah jambu air dapat meningkatkan kesuburan pria. Jambu air mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan sel, termasuk kesehatan sel sperma akibat paparan radikal bebas.

Cara Mudah Budidaya Jambu Air

Kegiatan penanaman pada budidaya jambu air dapat dilakukan dengan dua cara, baik melalui biji maupun dengan cara okulasi atau stek. Penanaman dari biji hingga berbuah dapat memakan waktu lima tahun sementara dengan cara stek tanaman jambu air telah dapat berbuah pada usia dua tahun. Metode budidaya jambu air dengan sistem stek sangat efektif untuk mempersingkat masa penanaman.

Kegiatan penanaman pada budidaya jambu air dapat dilakukan dengan dua cara, baik melalui biji maupun dnegan cara okulasi atau stek. Foto: manfaatbagus.com

Pada budidaya jambu air, bibit tanaman jambu air ditanam pada lubang berukuran 60 x 60 x 60 centimeter. Lubang tanam disiapkan sekitar satu minggu sebelum penanaman dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi keasaman tanah. Campurkan tanah galian dengan pupuk kandang atau kompos. Waktu penanaman sebaiknya dilaksanakan pada sore hari menjelang datangnya musim hujan. Di kebun budidaya jambu air, penanaman dilakukan dengan jarak antar tanaman 8 x 8 meter.

Pemeliharaan pada budidaya jambu air tak jauh berbeda dengan budidaya tanaman lain yang meliputi penyiraman, penyiangan, pemangkasan, dan pemupukan. Penyiangan di kebun budidaya jambu air dilakukan untuk menjaga agar pohon jambu air memperoleh unsur hara dari tanah secara optimal tanpa gangguan dari hama pengganggu dan gulma.

Selanjutnya, pemupukan dilakukan tiga bulan sekali dan setelah tanaman mulai berbuah dapat dilakukan dua kali dalam setahun. Pemupukan pada budidaya jambu air diberikan dengan cara menaburkan pupuk mengitari pohon dengan radius sekitar satu meter.

Hasil budidaya jambu air dapat dinikmati dua kali dalam setahun, umumnya pada bulan Juli dan September. Foto: www.bebeja.com

Hasil budidaya jambu air dapat dinikmati dua kali dalam setahun, umumnya pada bulan Juli dan September. Foto: www.bebeja.com

Pada budidaya jambu air dari periode tanaman jambu air berbunga hingga berbuah berlangsung sekitar satu bulan. Setelahnya ketika buah terlihat ranum pemanenan hasil budidaya jambu air dapat dilaksanakan. Budidaya jambu air dapat jadi pilihan agar rezeki selalu mengalir.