Budidaya Ayam Serama Yang Kian Mewabah

June 22, 2015 - Tips Budidaya / Uncategorized

Saat ini sepertinya budidaya ayam serama telah menjadi tren di kalangan pecinta hewan peliharaan, khususnya pecinta ayam hias. Walau berpostur mini, ayam serama sangat berbeda dari ayam kate, baik penampilan maupun bentuk tubuhnya.

Banyak hal yang membuat budidaya ayam serama menarik. Budidaya ayam serama tak memerlukan lahan luas karena ayam ini berukuran kecil. Budidaya ayam serama dapat menjadi hobi yang menyenangkan karena tingkahnya yang lucu menggemaskan.

Selain itu budidaya ayam serama dapat menimbulkan kebanggaan dan menjadi sumber keuntungan bagi pelakunya jika ayam serama yang dipelihara mampu memenangkan kontes. Selain mendapat hadiah, pelaku budidaya ayam serama yang memenangkan kontes dapat menawarkan ayam peliharaannya dengan harga yang tinggi.

pelaku budidaya ayam serama yang memenangkan kontes dapat menawarkan ayam peliharaannya dengan harga yang tinggi. Foto:showbirdbid.proboards.com

Sejarah Budidaya Ayam Serama

Hasil budidaya ayam serama tercipta dari hasil persilangan dari berbagai jenis ayam hias. Budidaya ayam serama diperkenalkan oleh warga negeri jiran Malaysia yakni Wee Yean Een, di Kampung Cina, Kota Baru, Kelantan. Budidaya ayam serama berasal dari silangan ayam kaki panjang, silkie, dan katai jepang selama kurun 1973 hingga 1985.

Generasi pertama dari ayam serama diambil dari nama tokoh Sri Rama dalam epos Ramayana. Hasil budidaya ayam serama yang pertama itu diperkenalkan pertama kali pada kontes ayam hias di Batu Pahat pada 1990 an. Penampilannya yang anggun, unik, serta penuh percaya diri menarik perhatian sehingga pada kontes tersebut ayam serama ini mendapat perhatian tersendiri. Selanjutnya hasil budidaya ayam serama makin diminati oleh banyak orang dan harga jualnya pun meroket.

Hasil budidaya ayam serama tercipta dari hasil persilangan dari berbagai jenis ayam hias. Foto: chickenforum.com

Pendapatan yang diterima pelaku budidaya ayam serama dari penjualan seekor ayam sangat bervariasi tergantung dari kualitas dari ayam itu sendiri. Di Malaysia hasil budidaya ayam serama super A berumur 9 bulan kualitas kontes bisa dijual RM(Ringgit Malaysia) 8.000 per ekor atau jika dirupiahkan dengan kurs Rp 3.500 per 1 RM maka nilainya sama dengan Rp 28 juta.

Di luar serama generasi baru harga berkisar RM50-RM250 per ekor atau sekitar Rp 175 ribu hingga Rp 875 ribu.
Sementara di Indonesia hasil budidaya ayam serama kualitas standar umur 2 hingga 3 bulan dihargai antara Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Hasil budidaya ayam serama kualitas kontes mencapai Rp5 juta saat berumur 3 bulan dan ayam serama dewasa kualitas kontes bisa mencapai Rp10 juta per ekor.

Hasil budidaya serama dengan harga mahal tak hanya dinikmati oleh kalangan menengah atas saja. Kalangan menengah ke bawah masih dapat menikmati hobi memelihara ayam serama dengan harga murah. Hasil budidaya ayam serama apkir alias kualitas C dijual Rp100 ribu hingga Rp250 ribu per ekor.

Mengenal Keunikan Budidaya Ayam Serama

Keunikan dari budidaya ayam serama pastinya terletak pada ayam serama itu sendiri. Hasil budidaya ayam serama berkualitas tinggi memiliki ciri ekor yang cantik, berdada tegak kepak sayap lurus ke bawah. Hasil budidaya ayam serama memiliki berat ideal kurang dari 500 gram.

Hasil budidaya ayam serama berkualitas tinggi memiliki ciri ekor yang cantik, berdada tegak kepak sayap lurus ke bawah. Foto: istorya.net

Keunikan lain dari ayam serama yang khas adalah bersifat sangat jinak, mengenali pemiliknya dan dapat bermanja. Ayam serama juga punya perilaku yang unik seperti dapat berjalan mundur ke belakang. Ayam serama juga mempunyai usia yang panjang yakni dapat mencapai 15 tahun.

Adapun tips dalam mengenali dan memilih ayam serama yang baik antara lain adalah memiliki kesehatan prima yang ditandai gerakan lincah. Anatomi ayam perlu disimak teliti. Jengger dan pial tak boleh cacat dan warna harus merah. Matanya jernih dan bersinar. Bulu mengkilap dan berminyak. Kaki pun bersih dan tidak cacat. Beberapa patokan memilih perlu diketahui antara lain asal-usul, ciri fisik, dan umur.

Demikianlah informasi singkat mengenai peluang budidaya ayam serama berikut sejarah dan cara mengenali ayam serama yang berkualitas (Dari berbagai sumber).